Apa kabar Indonesia 5 tahun kedepan?

2017. Tanpa terasa, sebentar lagi tahun 2017 akan segera berakhir. Masih beberapa bulan, namun waktu itu singkat. Kemudian terfikir olehku, seperti apa Indonesia 5 tahun lagi?

Di tahun 2017 ini saja kita sudah dilengkapi banyak teknologi baru. Namun, selain meningkatnya teknologi kita, banyak hal lain yang meningkat juga. Populasi penduduk meningkat, banyak tempat baru yang menarik perhatian orang orang dan yang lainnya. Hal itu bisa saja menjadi hal yang baik dan buruk di saat yang bersamaan.

Bayangkan, populasi terus menerus menigkat, sementara sumber daya tetap pada jumlah awalnya. Tempat tinggal perlahan-lahan terus menambah, dan pada akhirnya hutan atau area hijau hilang. Kemudian kesusahan mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk sejumlah orang, dan berikutnya adalah masalah mengenai lapangan pekerjaan. Mungkin 5 tahun kedepan hal ini belum terasa, namun aku yakin ada kemungkinan hal tersebut akan terjadi.

Untukku, mungkin 5 tahun kedepan akan ada jauh lebih banyak perubahan di dalam bidang teknologi dibandingkan di bidang lainnya. Alat-alat yang membantu manusia dalam kehidupan sehari hari pun akan menjadi lebih banyak, seperti lantai yang bisa membersihkan dirinya sendiri mungkin? Atau mungkin justru makanan tidak perlu dimasak lagi karena ada alatnya sendiri.

Nah, dilihat dari ide ide barusan, aku melihat adanya kemungkinan beberapa pekerjaan akan tersingkirkan dari kehidupan sehari hari. Kemudian akan ada perubahan dalam pekerjaan, dimana pekerjaan lama hilang dan muncul beberapa pekerjaan baru. Setidaknya, untuk hal teknologi itulah yang aku pikirkan.

Lalu apa kabar dengan bidang politik? Ah, mungkin 5 tahun kedepan masih ada beberapa orang yang korupsi atau melakukan kecurangan. Namun, bila semuanya terus berjalan seperti saat ini dimana pemimpin kita dengan tegas melarang siapapun melakukan kecurangan, dan yang melakukan kecurangan akan mendapat imbalan yang setimpal, aku berharap oknum korupsi bisa hilang dari Indonesia.

Kondisi alam Indonesia lah yang paling aku khawatirkan. Karena sebenarnya, pohon adalah sumber oksigen kita. Dan kita hidup bila ada oksigen. Sementara kondisi alam Indonesia saat ini saja sudah bisa dibilang tidak baik. Sudah ada banyak sekali area hijau yang dirombak menjadi gedung gedung tinggi, hanya semata mata untuk tambahan hiburan.

Kuakui ada banyak kelompok kelompok yang mau membantu untuk mengembalikan kondisi alam Indonesia menjadi lebih baik lagi, namun tidak sedikit juga yang tidak peduli tentang hal tersebut dan melakukan semaunya. Kalau begitu caranya, kapan alamnya kembali asri?

Kesimpulanku berakhir di mana aku berfikir kalau 5 tahun ke depan, Indonesia akan memiliki kemajuan dan kemunduran. Kemajuan di bidang politik memiliki potensi yang cukup besar sekarang, namun di bidang alam Indonesia aku masih ragu. Karena melihat kondisi saat ini, persentase orang yang peduli dan tidak peduli itu agak jauh. Aku berharap kalau Indonesia bisa memiliki lebih banyak kemajuan daripada kemunduran. Dan kemajuan itu tergantung dari peran masing masing orang yang tinggal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s