Kopi memang kecil, namun berarti.

Mempelajari sejarah bukanlah suatu hal yang aku sukai apalagi aku minati. Namun, hal tersebut tidak menghentikan aku dari mempelajari tentang sejarah negara Indonesia.

Kebetulan aku ini sedang mencari tahu mengenai sejarah kopi Indonesia terutama kopi Jawa yang bisa di bilang cukup terkenal. Nah, kemarin ini ada sath narasumber yang datang mengunjungi kami untuk berbagi sejarah tentang Indonesia. Namanya Kak Ivan, ia adalah seorang dosen sejarah. 

Ia bilang, bahwa kopi yang sekarang ada di Indonesia itu asal usulnya bukan dari Indonesia melainkan dari negara lain. Namun, fokusku adalah di jasa yang diberikan untuk prosesnya. 

Bila ingin ada kopi, harus ada petani kopi bukan? Sedihnya, petani selalu dianggap rendah. Mengapa? Apa yang salah dari menjadi seorang petani? Bukankah tanpa adanya petani kita akan mengalami kesulitan?

Coba kalian pikirkan, tanpa petani artinya tak akan ada orang yang menanam sekaligus merawat dan memanen bahan bahan makanan kita. Bila tak ada bahan makanan, apa yang akan kita konsumsi? Terus mengimpor bahan makanan tak akan membantu kemajuan negara. Ynlang ada kita menjadi miskin. 

Maka, menurutku bahwa menjadi seorang petanj bukanlah suatu pekerjaan rendah. Namun ini adalah pekerjaan yang mulia dan penting. 

Sama juga dengan petani kopi, mereka juga penting dan bukan suatu pekerjaan yang rendah. Kopi adalag satu dari sekian banyak hal yang diimpor ke seluruh dunia. Kopi membantu perekonomian negara kita. 

Memang, ada beberapa petani yang sudah memakai sistem yang lebih efektif lagi untuk bercocok tanam dan mengekspornya. Namun berapa persen dari keseluruhan? Berapa banyak petani di Indonesia yang masih sering di bohongi dan di bodohi? Bagaimana mereka bisa terus menerus nyaman dengan pekerjaan mereka bila mereka diperlakukan seperti ini? 

Ini bukanlah masa penjajahan lagi. Kita memang sudah merdeka dalam artian kita sudah memimpin sendiri. Namun apakah kita sudah benar benar merdeka? Atau apakah kita masih dalam masa penjajahan? Dan siapa penjajah kita? Apakah selama ini kita telah menjajah negara kita sendiri? 

Sadarlah bahwa koruptor, pembohong, pembunuh, pencuri dan para orang  jahat adalah perusak. Jangan buat kita menjadi perusak negara. Lindungi bukan hancurkan. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s