Penyelamatan dan perubahan

yearing

Judul : The Yearling, Jody dan anak rusa

Pengarang : Marjorie Kinnan Rowlings

Penerjemah : Rosemary Kesauly

Ilustrasi Cover : Ratu Laksmita Indira

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan Pertama : Jakarta, Maret 2011

ISBN : 978-979-22-6829-4

Tebal Buku : 504 halaman

Di dalam buku ini, Merjorie menuliskan tentang seorang anak lelaki, Jody, yang tinggal di tanah pertanian bersama dengan kedua orangtuanya. Ia adalah seorang anak yang senang bertualang, setiap kali ada kesempatan untuk menjelajahi hutan, seperti untuk mengambil air atau kayu bakar, ia akan dengan senang hati melakukannya. Sampai satu hari, ketika ia sedang berkelana ia dan ayahnya menemukan satu anak rusa yang sedang meringkuk ketakutan disamping mayat ibunya. Karena merasa kasihan, ia meminta kepada ayahnya dan juga memohon untuk diperbolehkan memelihara rusa itu.

Menit menjadi jam, jam menjadi hari, hari menjadi minggu, minggu menjadi bulan dan bulan menjadi tahun. Akhirnya, anak rusa tersebut menjadi semakin besar tubuhnya. Bertumbuhnya tubuh rusa tersebut sama dengan bertumbuhnya rasa cinta Jody kepadanya. Namun, disaat rusa itu, Flag, sudah besar ayah Jody terkena penyakit yang membuatnya tak dapat lagi bercocok tanam maupun berburu. Otomatis, semua tanggung jawab tersebut pindah ke tangan Jody. Dengan semua tanggung jawab itu, mampukah Jody terus menjaga Flag? Atau, hal buruk akan menimpa Flag?

Buku ini menjadi salah satu buku pemenang Pulitzer Prize 1939. Namun, disaat aku mendapatkan buku tersebut tepatnya di tahun 2013 aku masih belum terlalu bisa mengikuti alur ceritanya yang menurutku agak bertele-tele. Nah, disaat aku mengulang membaca buku ini di tahun 2015 aku mengerti bahwa apa yang aku sebut bertele-tele itu adalah sebenarnya hanyalah suatu bentuk menulis yang detail. Dan aku akui bahwa buku ini sebenarnya menarik untuk dibaca karena buku ini mengajarkanku untuk bertanggung jawab akan pilihanku dan merelakan apa yang sudah tidak ada. Bagi kalian yang ingin tahu apa kelanjutan dari ceritanya, kalian harus baca buku ini!

Satu tanggapan untuk “Penyelamatan dan perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s