Siapa yang mau main?! Gabung sama kita yuk!

Semuanya suka main game kan? Mulai dari permainan tradisional sampai ke game elektronik. Kemarin ini, ada satu komunitas yang dengan sukarela membantu kami membuat board game. Ada yang kenal dengan komunitas Kummara? Mereka adalah suatu komunitas yang membuat board game. Komunitas ini membantu kami untuk membuat board game rancangan kami sendiri.

2 kakak yang datang untuk membantu kami bernama Kak Andre dan Kak Isa. Mereka memulai sesi diskusi dengan perkenalan. Setelah perkenalan, masing masing kelompok menjelaskan konsep (board game) sementara secara singkat dan bergilir. Baru setelahya kita main game!

Kak Andre dan Kak Isa membawa 2 game yang berbeda, yang aku pilih untuk mainkan adalah game Cash and Guns. Walaupun simpel, tapi asik kok! Sehabis memainkan game untuk referensi kita nanti, baru 2 kakak itu menjelaskan tentang tips and tricks membuat board game. Menurut mereka, pembuatan board game itu bisa dimulai dari pemikiran konsep, cara atau aturan. Jika ketiga hal itu sudah terpenuhi, barulah kita membuatnya dalam bentuk fisik. Dalam tahap ini, kita tak perlu memikirkan visualnya terlebih dahulu. Yang penting adalah konsepnya dulu. Biasanya konsep akan matang sempurna jika sudah direvisi berulang kali.

Setelah konsep matang, baru kita memikirkan soal tampilan luarnya, setelah tampilan disetujui, baru produk kita bisa dibuat.

Sesi kali ini menurutku asik sekali, kalian bisa search tentang Kummara ya! Nggak ada banyak komunitas game di Indonesia, karena itu, jangan di sia-siain kesempatan yang kali ini. Selamat main!

4 tanggapan untuk “Siapa yang mau main?! Gabung sama kita yuk!

  1. Grace, makasih untuk ulasannya. Kak Andy sharekan ya ke kak Andre.
    Ada beberapa typo tuh. Tolong diperbaiki. Sama kalau bisa minta foto ke kakak untuk melengkapi – jadi bagian dari ilustrasi kegiatan / tulisan.

    Suka

  2. Hi Grace,

    mohon maaaaaf saya baru sekarang ini berkesempatan merespon artikel ini. Saya sangat setuju dengan konten utama tulisan ini mengenai pembangunan konsep dasar permainan dalam proses game design. Sebagai tambahan, konsep dasar ini bisa saja merupakan start point, atau titik mula perancangan. Bisa saja berupa tema tertentu, value atau nilai yang ingin diusung, atau malah berangkat dari gameplay yang sudah dikembangkan sebelumnya.

    Konsep dasar dalam keseluruhan proses perancangan akan menjadi guideline, patokan dan panduan tentang arah keseluruhan produk yang dirancang. Kita ambil contoh, dengan pemilihan tema Jawa untuk jadi titik mula perancangan, kita bisa menentukan arah eksplorasi selanjutnya. Misalnya, dalam aspek apa kita bicara soal Jawa? Budayanyakah, jika iya, elemen budaya apa yang kita usung? Sejarahnyakah, jika iya pada rentang apa? Geografinyakah, jika iya apa yang coba kita angkat? Dan seterusnya tentu saja.

    Tips dari saya, dalam melakukan eksplorasi tema, jauh lebih menarik jika dilakukan secara terpusat atau detail terhadap satu konten tertentu, sehingga arah eksplorasinya tidak melebar kemana-mana, dan pemainpun akan mendapatkan informasi dan konten yang lebih terarah.

    Ingat, jangan lupa dalam proses perancangan akses ke referensi akan sangat penting.

    Semangat dalam merancang board game yaa!

    Suka

    1. Halo Kak Andre, wah terima kasih sekali tips-tipsnya kak. Sekarang kita sudah masuk ke tahap percobaan main, kemarin ini kita mengadakan playday di sekolah. Respon para pemain sangat melegakan, (sudah ada yang mau beli lho!) namun sayangnya, untuk kelompok kita permainannya lebih ke aspek strategi, sehingga kita memutuskan permainannya untuk anak-anak umur 9 keatas. Apakah dengan permainan yang hanya untuk anak umur 9 keatas, masyarakat akan kurang tertarik? Selebihnya sih sudah berjalan dengan lancar. Oh, iya. Kelompokku juga mengganti konsep game awal kita dengan yang baru. Segitu saja dariku kak. Satu lagi deh. Kapan kakak mampir lagi? 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s