Buang plastik untuk memperingati hari Kermerdekaan?

Diet kantong plastik yuk! Belanja dengan membawa kantong belanja sendiri ya! Rupanya, ajakan-ajakan untuk mengurangi jumlah sampah plastik masih belum berjalan dengan baik. Masih ada banyak rakyat Indonesia yang belum sadar apa dampak yang akan terjadi jika mereka membuang terlalu banyak sampah plastik.

Di Jalan Sukamulya, Pasteur, Bandung terdapat hiasan untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Aku senang melihat semangat warga dalam memperingati hari Kemerdekaan. Namun sayangnya, hiasan yang dibuat bukan berupa kain yang dapat dipakai berulang kali (tahun-tahun berikutnya), namun hiasan itu berupa kantong keresek yang entah jumlahnya ada berapa banyak! Kantong plastik berwarna merah putih yang diikat ke seutas tali yang diikat agar kantong plastik itu dapat bergantung. Ada banyak pertanyaan yang muncul di dalam benakku. Tidakkah ada hiasan lain? Kenapa harus kantung plastik? Mau cari gampang? Kalau mau cari gampang ya lebih baik nggak usah buat hiasan dong. Dan lebih parahnya lagi, kantung plastik itu semuanya baru! Mungkin kalau kantung plastik itu kantung plastik bekas yang sudah benar benar tidak terpakai, kesannya akan lebih ke daur ulang. Namun kali ini, kesannya buang-buang, bukannya daur ulang. Di mana kesadaran diri masyarakat Indonesia?

Berapa banyak orang di Indonesia yang tahu kalau membuang sampah plastik terlalu banyak akan terjadi dampak yang cukup buruk? Jika sampah plastik dibuang ke tong sampah anorganik, sampah itu akan diangkut oleh truk sampah dan akhirnya dibakar, kebanyakan truk sampah membawa sampah anorganik ke tempat pembuangan akhir yang nantinya akan membakar sampah tersebut. Akhirnya sampah berubah menjadi polusi yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Memang ada sampah plastik yang di daur ulang. Namun jumlahnya tidak seimbang! Itu baru sampah yang dibuang ke tong sampah. Apa yang terjadi dengan sampah yang dibuang sembarangan? Sampah plastik sangat sulit untuk diuraikan, bahkan jika dapat diuraikan, hal itu akan memakan beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta tahun lamanya. Sampah plastik yang dibuang sembarangan akan mencemarkan tanah dan membahayakan rantai makanan, karena bahkan cacing pun tidak dapat menguraikan plastik. Jadi, mulai mengurangi pemakaian kantung plastik yuk?! Jangan berpikir kalau tindakan kita tidak akan memengaruhi orang lain, tindakan kecil pun dapat membantu memperbaiki suatu masalah.

 

Satu tanggapan untuk “Buang plastik untuk memperingati hari Kermerdekaan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s